Minggu, 03 Februari 2013

Kultum-Sabar Kepada Allah


Assalamu alaikum wr.wb.

Mengawali pertemuan Kita melalui kultum ini, pertama-tama marilah Kita panjatkan puji syukur kepada Allah swt. Karena atas rahmat, taufiq dan petujuk_Nya, kita dapat berkumpul dalam tempat yang baik ini tanpa ada satu halangan apapun. Shalawat dan salam, semoga senantiasa di limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw. Sebab beliau kita dapat mengetahui yang hak dan yang batil, yang halal dan yang haram, antara jalan menuju surga dan jalan menuju ke neraka.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, dan tempat yang sederhana ini, Izinkanlah Saya berdiri di hadapan teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua kata yaitu tentang  pentingnya berakhlak mulia (SABAR).
Marilah kita renungkan Firman Allah berikut:
وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ ﴿١٥٥﴾
“Sungguh, akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan, berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)
Di dalam ayat tersebut Allah SWT memang telah memberikan cobaan kepada makhluk ciptaannya, yaitu manusia. Dengan berbagai masalah bahkan musibah apakah itu ketakutan bahkan kekurangan bahan pangan. Tapi ketika di hadapi dengan sabar maka itulah hal yang sangat penting.
Sabar ini terbagi ke dalam tiga tingkatan. Pertama, sabar dalam menghadapi sesuatu yang menyakitkan, seperti musibah, bencana atau kesusahan. Kedua, sabar dalam meninggalkan perbuatan maksiat. Ketiga, sabar dalam menjalankan ketaatan. Tidak berputus asa saat menghadapi hal yang tidak mengenakan merupakan tingkat terendah dari kesabaran. Satu tingkat di atasnya adalah sabar untuk menjauhi maksiat serta sabar dalam berbuat taat. Dan lagi pada ayat berikut mengatakan bahwa Allah memberikan ujian kepada Hambah_Nya untuk mengetahui siapa yang mampu bersabar dari cobaan_Nya
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّىٰ نَعْلَمَ الْمُجَاهِدِينَ مِنكُمْ وَالصَّابِرِينَ
“Dan sesungguhnya, Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu…” (QS. Muhammad: 31)

Maka dari itu marilah kita senantiasa berakhlak mulia kepada Allah SWT dalam hal ini sabar. Karena di dalam Al Qur’an banyak sekali ayat yang menerangkan tentang sabar. Dan bisa menjadi ladang pahala kita hidup di dunia ini.
Demikian yang sempat saya sampaikan semoga bermanfaat  baik bagi diri saya pribadi atau teman-teman semuanya. Sekian saya akhiri dengan ucapan

Assalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar