Minggu, 03 Februari 2013

Kultum-Akhlak kepada Allah


Bismillahirahmanirrahiim
Assalamualaikum wr.wb.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak saudara dan saudari untuk bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah swt karena pada kali ini Kita masih diberi kesempatan oleh Allah swt atas segala nikmat yang diberikan baik nikmat kesehatan maupun nikmat iman hingga Kita dapat berkumpul di tempat ini.

Tak lupa pula salam dan shalawat Kita haturkan kepada junjungan besar Nabiullah Muhammad saw yang merupakan Rasul yang diutus oleh Allah ke dunia untuk memberikan peringatan kepada umat manusia, untuk berada di jalan Allah yang lurus yang akan membawa Kita kepada surga Allah swt, dan menjadi suri teladan yang baik bagi Kita beserta para keluarga dan sahabatnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan kultum tentang akhlak kepada Allah swt. Marilah Kita renungkan hadis berikut:
وعن أبي يحيى صهيب بن سنان رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم عجبا لأمر المؤمن إن أمره كله له خير وليس ذلك لأحد إلا للمؤمن إن أصابته سراء شكر فكان خيرا له وإن أصابته ضراء صبر فكان خيرا له رواه مسلم
Abu Yahya, Shuhaib bin Sinan RA, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh unik urusan orang yang beriman itu. Semua urusannya, baik baginya. Hal itu hanya dimiliki oleh orang yang beriman. Jika dia memperoleh kegembiraan, dia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ditimpa kesulitan, dia bersabar, dan itu baik baginya.” (Muslim)
Dalam menjalani kehidupan tentunya Allah telah mengatur alam ini, segala sesuatu urusan hendaknya di nilai dengan bijak karena Allah memberikan Kita cobaan sesuai dengan kemampuan kita. Dan dari hadist tersebut Kita dapat menarik sebuah hikmah atau pelajaran yaitu:

1.       Kehidupan seorang muslim, baik senang maupun susah, adalah kebaikan dan bernilai pahala di sisi Allah.
2.       Seorang mukmin sejati akan bersyukur kepada Allah di waktu senang dan bersabar di waktu susah, sehingga ia mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sementara itu, orang yang imannya lemah akan menggerutu dan marah ketika ditimpa musibah, sehingga ia mendapatkan dua keburukan, yakni kesulitan hidup dan dosa karena ketidaksabarannya. Ia juga tidak bisa mengukur besarnya nikmat yang telah Allah berikan kepadanya, sehingga tidak bisa mensyukuri dan melaksanakan kewajibannya. Oleh karena itu, nikmat yang ada padanya berubah menjadi bencana

Maka dari itu marilah kita senantiasa memiliki akhlak yang baik kepada Allah ketika di timpa masalah karena itu merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada Hamba_Nya.
Demikian dari saya kurang lebih mohon di Maafkan.

Wassalamualaikum wr.wb.

1 komentar:

  1. Betway launches in India and abroad | KT Hub
    Betway is 용인 출장샵 expanding its presence in India and abroad with a 남양주 출장샵 global 경상북도 출장안마 reach, enabling it to take the most 김해 출장마사지 advantage of its customer service. 안동 출장샵

    BalasHapus